Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Kualitas Produk Yamaha Dalam Jangka Waktu Panjang

Penulis         :Tsalsa Audrey, Adib Bahaduri, Felmi Putra Pratama S       
Editor           : Muhamad Wahyu Ammar
Image           : Freepik.com

Perkembangan ekonomi akan menimbulkan persaingan yang ketat antar perusahaan dalam bidang jasa ataupun produk, oleh karena itu perusahaan akan berlomba-lomba untuk mengikuti tren dan pasar demi mendapatkan hati pelanggan. Untuk dapat menghadapi suatu persaingan, sebuah perusahaan harus dapat menunjukkan keunggulannya dibandingkan dengan perusahaan lain sehingga menjadi nilai lebih yang dapat menarik minat pelanggan.

Keunggulan perusahaan dapat dilihat dari tingkat kepuasan pelanggan dari kualitas maupun fasilitas yang diberikan oleh perusahaan, tingginya tingkat kepuasan konsumen terhadap suatu produk memberikan sebuah gambaran keberhasilan dari sebuah perusahaan dalam membuat produk, dan sistem manajemen hubungan dengan pelanggan-pelanggannya harus terjalin dengan baik . Pelanggan setia diperhatikan dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan di berbagai hal serta menggunakan metode Costumer Relationship Management (CRM) agar konsumen tetap bertahan. Dengan begitu, perusahaan akan memperoleh laba dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang.

Pesatnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia membuat banyaknya produsen sepeda motor yang menjamur di Indonesia, seperti Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki yang memiliki produk andalan masing-masing untuk di pasarkan kepada para konsumennya. Perusahaan menawarkan berbagai macam produk yang mereka miliki dengan menjelaskan kelebihan-kelebihan dari produk yang mereka jual, melakukan promosi baik secara langsung maupun media, dan memberikan kemudahan untuk para konsumen dalam pembelian. Semua itu dilakukan guna untuk meningkatkan kepuasan dari para konsumen.

Termasuk perusahaan otomotif terbesar di Indonesia yaitu Yamaha, Yamaha telah menyadari beratnya persaingan yang di lakukan di Indonesia ini oleh karena itu Yamaha berusaha untuk menjual produk yang berkualitas tinggi dan memiliki nilai lebih dibandingkan  dengan produk pesaing yang lainnya, Yamaha menawarkan berbagai macam varian produk sepeda motor yang dibuat dan didesain sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari para konsumennya.

Informasi yang diberikan oleh konsumen juga dapat mempengaruhi hasil penjualan karena dari pengalaman pelanggan tersebut pembelian kembali dapat terjadi. pembelian kembali merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh konsumen terhadap suatu produk pada merek yang sama tanpa dipaksa dan dari keinginan pribadi, serta ada rasa puas yang di dapatkan oleh konsumen setelah membeli dan menggunakan produk tersebut, bisa dalam bentuk pelayanan yang diberikan oleh pihak perusahaan kepada para konsumen yang akan membeli produk mereka. Selain itu faktor psikologi sangat mempengaruhi konsumen dalam menentukan keputusan untuk membeli suatu produk.

Pihak manajemen harus sigap dalam menentukan strategi kebijakan pemasaran agar dapat bersaing melawan produk pesaing dengan mempertimbangkan biaya berdasarkan biaya yang dikeluarkan perusahaan, keuntungan yang diharapkan oleh pihak perusahaan, tindakan yang dilakukan pesaing dan perubahan keinginan pasar supaya perusahaan dapat terus memperhatikan tingkat kepuasan konsumen mereka. Selain dengan spesifikasi yang selalu berinovasi pada setiap produknya dari tahun ke tahun, Yamaha memiliki kualitas produk yang baik begitu pula dengan penyediaan servis kendaraan yang telah disediakan untuk para pelanggannya. Oleh Karena itu hal ini dapat mempengaruhi kepuasan konsumen Yamaha dalam waktu yang sangat panjang dalam mempercayai produk-produk yang dihasilkan dari perusahaan ini, sehingga tidak banyak pelanggan yang beralih ke produk dari perusahaan lain yang menyediakan layanan atau membuat produk yang sama seperti Yamaha.

Share This Post

About Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *