Etika Dan Trust Dalam Pekerja Muda

Penulis         :Ahmad Faisal, Dawson N, Laras M.P
Editor           : Muhamad Wahyu Ammar
Image           : Freepik.com

Etika dan trust pada dunia kerja merupakan poin yang penting, terutama untuk pekerja muda yang masih terbilang baru di bidang tersebut. Adapun tanggung jawab atau komitmen terhadap sebuah pekerjaan maupun profesi menjadikan nilai tersebut sebuah budaya ataupun kesadaran yang datangnya dari dalam diri sendiri. Kejujuran,kedisiplinan, serta rasa tanggung jawab yang tinggi merupakan langkah awal untuk menerapkan budaya tanggung jawab dan komitmen tersebut.

Peran kepercayaan juga berpengaruh terhadap suatu pekerjaan ataupun profesi baik secara tim maupun bentuk organisasi, oleh karena itu perlu adanya loyalitas serta konsistensi yang baik diantara anggota perusahaan. Etika dan trust pada pekerja muda yang mana dalam perannya menjalankan suatu budaya ataupun nilai-nilai etika yang ada.

Etika berasal dari kata Yunani yaitu ethos yang berarti adat istiadat atau kebiasaan, sehingga dalam pengertian yang pertama ini etika adalah hal yang berkaitan dengan kebiasaan hidup yang baik pada diri seseorang maupun pada suatu masyarakat atau bagiannya. kerja keras merupakan sesuatu yang sangat penting dan bahwa uang yang berlebihan merupakan sesuatu yang dapat merusak. Pada hakekatnya, etika kerja diperlukan bagi perusahaan atau organisasi agar bisa berjalan secara teratur.

Menurut Stephen P.Robbins,Timothy A.Judge dalam bukunya Organization Behavior bahwa kepercayaan adalah dasar kepemimpinan, hal ini cukup penting karena memungkinkan tim untuk bersedia menerima dan berkomitmen terhadap berbagai tujuan dan keputusan pemimpin mereka. Kepercayaan juga merupakan harapan orang lain yang dapat mempengaruhi kerja sama dan tindakan dalam tim dengan cara yang konduktif untuk mencapai kesejahteraan.

Kepercayaan merupakan elemen dasar pembangunan model relationship quality karena dapat mendorong pekerja untuk:

  • Bekerja dengan lebih menekankan investasi dan menjaga hubungan kerja sama yang baik dengan mitra mereka.
  • Menolak alternatif jangka pendek yang menarik dengan menekankan pada manfaat jangka panjang dengan adanya hubungan yang baik dengan konsumen.
  • Melihat kegiatan yang beresiko tinggi dengan lebih bijaksana karena percaya bahwa mitranya tidak akan bertindak secara oportunis.

Tempat kerja merupakan ruang sosial  bagi pekerja untuk melakukan aktifitas sehingga kita harus memperhatikan etika di tempat kerja, etika kerja sendiri merupakan aturan normatif yang mengandung system nilai moral yang merupakan pedoman bagi karyawan dalam melaksanakan tugas dalam perusahaan sehingga dapat memperlancar kinerja perusahaan, etika yang harus diperhatikan ditempat kerja seperti : menjaga kebersihan lingkugan kerja, tidak tertawa dan berbicara terlalu keras, menggunakan toilet secukupnya, datang tepat waktu, dan tidak membicarakan kejelekan orang lain.

Penerapan etika bisnis dalam perusahaan dapat dilakukan dengan menciptakan kepercayaan pelanggan, sehingga loyalitas akan timbul dengan sendirinya karena adanya trust dari konsumen bahwa perusahaan tidak akan melakukan kecurangan dan amanah. Citra perusahaan yang baik akan mendapatkan tanggapan positif dari konsumen yang dapat meningkatkan penjualan karena dikenal sebagai perusahaan yang baik. Kebanggaan karyawan ketika bekerja diperusahaan yang dikenal baik oleh masyarakat juga menjadi motivasi tersendiri untuk selalu bekerja dengan etika yang lebih baik. Tanggung jawab atau komitmen terhadap sebuah pekerjaan maupun profesi menjadikan nilai, kejujuran, kedisiplinan, serta rasa tanggung jawab yang tinggi merupakan langkah awal untuk menerapkan budaya tanggung jawab dan komitmen. Oleh karena itu, perlu adanya loyalitas serta konsistensi. Etika dan trust pada pekerja muda yang mana dalam perannya menjalankan suatu budaya ataupun nilai-nilai etika yang ada.

Share This Post

About Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *