Pemanfaatan Limbah dan Potensi Bisnis Masa Depan

Sampai saat ini limbah masih menjadi permasalahan sebagian kota di Indonesia. Limbah itu berupa sampah produk elektronik, plastik, kaca, kertas. Tantangan selanjutnya bagaimanakan peran kita dalam pemanfaatan limbah dalam mengurangi pencemaran lingkungan?.

            Limbah merupakan material sisa atau buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik rumah tangga. Limbah dapat bersumber dari pasar-pasar tradisonal, unit usaha kecil menengah dan industri sekala nasional.  Fenomena ini bisa di jumpai di kota-kota besar dalam persoalan penanganan limbah. Oleh karenanya perlu upaya pengolahan limbah agar bermanfaat untuk masyarakat. Pemanfaatan material limbah saat ini banyak dikembangkan oleh industri kreatif dan unit usaha kecil menengah menjadi produk kerajinan yang lebih bernilai. Salah satu limbah yang mulai banyak dikembangkan menjadi produk kerajinan adalah limbah bulu ayam. Limbah berasal dari pasar-pasar tradisonal dan rumah pemotongan ayam. Pemanfaatan limbah bulu ayam sebagai pakan ternak, kemoceng, kerajinan tangan. Limbah bulu ayam sangat unik dan menarik dengan perpaduan warnanya serta memiliki kekuatan mekanik yang terukur.

Produk kerajinan dibuat dari limbah bulu ayam dan bebrapa bahan campuran. Perpaduan resin dan limbah bulu ayam dapat mengahasilkan produk yang artistik. Resin transparan sebagai pengikat dapat memunculkan warna-warna bulu ayam. Bulu ayam memiliki karakter yang kuat sehingga berperan sebagai serat alami penguat dari produk yang dibuat. Komposit serat bulu ayam dapat menjadi altenatif material maju. Material yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan spesifik dalam menanggapi persyaratan baru dari perubahan pasar atau faktor lain sebagai hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kebutuhan material maju akan terus meningkat sejalan dengan majunya permintaan di industri.

Komposit serat bulu ayam dapat dibuat produk kerajinan sesuai dengan desain. Produk-produk yang dihasilkan mengutamakan artistik misalnya lampu tidur, jam dinding, vas bunga, rak buku. Produk komposit tidak disarankan bersinggungan langsung dengan produk makanan karena unsur kimianya. Keunggulan komposit limbah bulu ayam adalah proses pembuatan mudah, biaya produksi murah, ringan dan kuat. Limbah bulu ayam mudah didapat dan jumlahnya banyak sehingga memerlukan dukungan teknologi, riset dan rekasaya material untuk menciptakan material maju yang ramah lingkungan. Kreatifitas dan inovasi sederhana pengolahan limbah memiliki potensi untuk berwirausaha serta dapat membantu program pemerintah dalam pencegahan pencemaran lingkungan.

Aswan Munang

Share This Post

About Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *