Kunjungan Dosen Teknik Industri ke PT. SBI (Tbk) di Cilacap

Kunjungan industri merupakan salah satu kegiatan pembelajaran dalam rangka mengupgrade wawasan dan melihat kondisi industri terkini secara langsung di lapangan. Perkembangan teknologi  yang eksponensial nyata-nyata telah ikut mempengaruhi baik dalam proses bisnis pada dunia usaha dan industri (Dudi). Melalui kunjungan industri diharapkan akan mambantu para akademisi menemukan relevansi antara penyelenggaraan pendidikan tinggi inline (nyambung) dengan kebutuhan dunia usaha dan industri.

Belum lama ini, pada hari Selasa 3 Maret 2020, para Dosen dari Prodi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri dan Desain, Institut Teknologi Telkom melakukan kunjungan industri ke salah satu produsen semen terbesar di Indonesia yaitu PT. Solusi Bangun Indonesia Tbk di Cilacap, Jawa Tengah. PT. Solusi Bangun Indonesia Tbk merupakan nama baru dari PT. Holcim Indonesia Tbk yang telah diakuisisi oleh Semen Indonesia Group yang notabenenya merupakan perusahaan milik negara (BUMN), perusahaan ini mengoperasikan bisnisnya dibidang produksi semen dan aktivitas turunan lainnya yang mendukung industri semen.

Kegiatan ini telah menambah wawasan bagi dosen TI IT Telkom Purwokerto mengenai proses produksi semen dan proses pergerakan material dari pengadaan sampai pengiriman barang jadi ke konsumen. Berbagai fasilitas-fasilitas seperti laboratorium fisika dan ruangan kontrol mutu semen telah terkelola dengan baik demi mendukung dalam pembuatan produk yang sesuai standar. Kunjungan industri ini juga membuka peluang kolaborasi antara PT. Solusi Bangun Indonesia Tbk dengan pihak Prodi Teknik Industri terkait pengiriman mahasiswa dan mahasiswi IT Telkom Purwokerto sebagai peserta magang di perusahaan untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat di perkuliahan pada lingkungan kerja nyata sesuai bidang mereka masing-masing. Selain itu PT. Solusi Bangun Indonesia Tbk jugamembuka kesempatan bagi mahasiswa maupun akademisi untuk melakukan penelitian di PT SBI (Tbk) dengan tetap berpedoman pada mekanisme dan prosedur yang sudahada.

Share This Post

About Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *