Yakin cuma mau singgah aja di Purwokerto?

Kota Purwokerto terletak di Provinsi Jawa Tengah dan merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Banyumas. Berbagai julukan disandang oleh kota Purwokerto, mulai dari kota wisata, kota kripik, kota transit, kota pendidikan sampai kota pensiunan karena begitu banyaknya pejabat-pejabat negara yang pensiun dan akhirnya menetap di kota ini (Wikipedia). Rasanya wajar saja jika Purwokerto dijuluki sebagai Kota Wisata, karena disekitar Purwokerto terdapat beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Semakin hari semakin banyak tempat baru yang dapat dieksplorasi keindahannya dan tentunya makin terkenal di social media. Banyak tempat wisata yang Instagramable banget dan salah satu tempat wisata yang terkenal sekitar Purwokerto adalah Wisata Baturraden.

institut teknologi telkom purwokerto
Taman Wisata Baturraden
Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Taman Wisata Baturraden

Disekitar Baturraden sendiri ada beberapa tempat wisata yang semakin ramai oleh kunjungan wisatawan, baik lokal maupun dari luar Purwokerto, diantaranya: Pancuran 7, Curug Jenggala dan Curug Bayan. Di Pancuran 7, kamu akan merasakan sensasi mandi air hangat yang turun dari atasnya dan berasa dipijat – pijat air hangat. Bukan hanya mandi air hangat, tetapi kamu juga dapat menikmati pijat belerang yang ditawarkan oleh warga sekitar dengan tarif yang cukup murah, sekitar 20 – 50 ribu tergantung dari jenis pijat yang ditawarkan.

 

Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Pancuran 7
Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Aliran Sungai Sekitar Curug Bayan
Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Curug Jenggala

Jika kamu ingin wisata yang lebih menantang, kamu bisa mendaki Gunung Slamet yang memang menjadi pemandangan indah dari Kota Purwokerto baik dipagi hari maupun sore hari. Purwokerto juga bisa dikatakan sebagai Kota Transit bagi pengendara yang ingin menuju Jogjakarta dari Jakarta ataupun sebaliknya. Sehingga pada waktu tertentu terutama musim mudik kota ini akan cukup ramai dilewati kendaraan. Eiitss… tapi tenang aja, Kota ini masih bebas macet koq.

Bukan hanya wisata sekitar Banyumas saja loh yang bisa dinikmati di Purwokerto, kalian juga dapat mengunjungi kota kecil nan nyaman yang tidak begitu jauh dari Purwokerto, yaitu Purbalingga. Kota Purbalingga dikenal salah satu karena produknya yang mendunia, yaitu Knalpot. Namun bukan hanya knalpotnya saja yang membuat orang tertarik ke Purbalingga, melainkan wisata alamnya yang semakin hari semakin terkenal. Taman Bunga Kutabawa salah satunya yang sangat menyejukkan mata dan indera lainnya terutama jika dikunjungi pada pagi hari.

Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Kutabawa Flower Garden @Purbalingga

Lalu gimana ya buat kalian yang lebih suka nongkrong dimall atau cafe?

Jangan khawatir di Kota Purwokerto sudah ada mall kebanggaan masyarakat Purwokerto yang isinya bisa dibilang sudah lengkap, mulai dari Bioskop (CGV), Rita Supermarket, Gramedia, Jco, Pizza Hut dan masih banyak lagi tempat nongkrong yang asyik. Rita Supermall ini sendiri terletak persis diseberang Alun – alun Kota Purwokerto, jadi bisa dibayangkan bagaimana ramainya mall yang satu ini disaat akhir pekan. Kalau kamu males untuk masuk mall, tenang saja…. di Purwokerto juga banyak tempat nongkrong loh buat anak – anak muda. Karena Purwokerto juga sebagai salah satu kota tujuan untuk pendidikan, maka disini banyak mahasiswa perantau yang butuh tempat nongkrong kekinian. Ada berbagai macam tempat nongkrong yang cukup ramai di Purwokerto, seperti : Ora Umum, Up Normal, Angkringan Bae, WKWK dan lainnya.

Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Dosen – Dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto Sedang Nongkrong di Ora Umum
Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Rita Supermall diambil dari Alun – alun Purwokerto

Hampir setiap tempat makan yang ada di Purwokerto menyajikan makanan khas Banyumas, yaitu Mendoan. Sebagai informasi mendoan itu beda loh ya dengan bakwan tempe :D.  Selain Mendoan, kalian bisa menikmati Soto Sokaraja dan Getuk gorengnya.

Selain itu Banyumas juga punya berbagai macam kesenian daerah masih dilestarikan dengan baik, salah satunya adalah kentongan. Salah satu cara melestarikan budaya kentongan ini adalah dengan menyelenggarakan Festival kentongan secara rutin. Beberapa kali Kota Purwokerto menyeleggarakan acara yang menunjukkan kesenian masyarakat banyumas tersebut

Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Festival Kentongan di GOR Satria, Purwokerto

Nah buat kamu yang tertarik tinggal di Purwokerto biaya hidup disini cukup murah loh dibanding Kota – kota lainnya. Disini kalian masih bisa makan nasi seharga 5000 rupiah dan cukup kenyang. Tempat tinggal untuk kost – kost an juga masih terjangkau, harga dibawah 500 ribu kalian sudah bisa dapat kamar lengkap dengan fasilitas (kasur,lemari dan kamar mandi didalam). Tentu itu tergantung juga dari lokasi tempat tinggal yang kalian pilih nanti. Transportasi menuju Purwokerto dari Kota Lain juga cukup mudah, bisa melalui kereta api maupun bus / travel. Banyak jadwal kereta yang tersedia dari Jakarta ataupun Jogja, Bahkan ada yang langsung dari Surabaya dan Malang. Disini juga sudah tersedia Ojek Online loh, jadi jangan khawatir lagi untuk masalah transportasi.

Ayuk buruan datang lalu nikmati keindahan dan kenyaman kota Purwokerto, dijamin betah dan gak mau pulang 😀