Seminar Teknik Industri – “Integrasi ERP & SCM Menuju Era Industri 4.0”

Purwokerto, 28 April 2018

ittelkom purwokerto

Bertempat di aula Institut Teknologi Telkom Purwokerto, terselenggaralah seminar pertama Prodi Teknik Industri Institut Teknologi Telkom dengan tema,

“Integrasi ERP dan SCM Menuju Era Industri 4.0”.

Peserta sejumlah 76 orang berasal dari beberapa universitas di area Jawa Tengah, seperti Unsoed, Universitas Wirotomo Purwokerto, dan Univet Sukoharjo serta dari lingkungan IT Telkom Purwokerto sendiri.

ITTelkom Purwokerto
Yudi Syahrullah

Acara diawali dengan presentasi oleh Yudi Syahrullah, Dosen Teknik Industri ITTP, dengan tema “Perencanaan Produksi & Pengadaan Bahan Baku pada Industri Manufaktur”. Dalam presentasinya, beliau menceritakan perjalanannya selama menjadi praktisi di dunia industri. Berkaca dari pengalaman kerja beliau, tercetuslah sebuah petuah untuk para Industrial Engineer,

“Menjadi seorang Teknik Industri berarti menjadi seseorang yang mengerti akan sistem secara keseluruhan. Sehingga, dimanapun seorang Teknik Industri ditempatkan, ia harus bisa beradaptasi dengan lingkungan kerjanya dengan cepat.”

ittelkom purwokerto
Rival Cahya Setiawan

Acara inti diisi oleh Rival Cahya Setiawan, Kepala bagian Production Planning & Logistic Controlling PT Asano Gear Indonesia (Astra Otoparts Group), dengan temanya “Integrasi ERP & SCM Menuju Era Integrasi 4.0”.

Dalam penjelasannya, Pak Rival menyebutkan tentang perkembangan aplikasi ERP yang sedang dilakukan oleh Astra. Dalam ERP, semua proses bisnis termasuk SCM terintegrasi dalam satu aplikasi. Beberapa inovasi yang sudah dilakukan oleh Astra antara lain sistem order yang sudah dijadikan online. Dengan pengubahan sistem tersebut, maka lead time informasi akan menjadi lebih cepat.

Demikian sedikit gambaran dari seminar pertama Prodi Teknik Industri ITTP. Dari seminar ini, diharapkan adanya tambahan wawasan tentang dunia industri khususnya bagi para mahasiswa yang nantinya akan menghadapi era industri 4.0.

Salam, Industrial Engineering

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *