Desain Produk

Dalam kehidupan saat ini banyak produk-produk yang kita gunakan, misalnya kendaraan bermotor, jam, baju, laptop, bolpoin, pensil, buku. Semua itu untuk mempermudah kita dalam beraktifitas.
Lalu bagaimana semua itu di buat?

Adanya desain produk merupakan salah satu bidang keilmuan yang terintegrasi dengan segala bentuk aspek kehidupan manusia dari masa ke masa dalam proses pembuatan produk-produk dari mulai bahan mentah sampai produk siap di gunakan. Manfaat desain produk adalah untuk mendukung kehidupan yang lebih baik dan kenyamanan dari manusia serta lingkungan. Desain produk merupakan hal yang sangat penting dalam bidang manufaktur sehingga desain produk yang baik akan dapat meningkatkan keuntungan. Akan tetapi, desain produk yang gagal, akan menimbulkan kerugian tidak hanya dibidang desain saja, bidang yang lain pun akan terkena pengaruhnya.

Desain produk secara umum mempunyai mekanisme yang sama dalam berpikir kreatif dan inovatif dalam perancangan sebuah produk, sehingga produk tersebut memenuhi nilai-nilai fungsional yang tepat dan menjadi solusi bagi masalah yang dihadapi manusia dengan tidak meninggalkan aspek kenyamanan pengguna melalui teknik-teknik dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga pada akhirnya diteruskan menjadi siklus hidup produk yang ditentukan oleh pola perancangan awal baik itu inovasi, modifikasi maupun duplikasi.

Proses pembuatan produk yang berkaitan dengan kebutuhan pasar maka dalam proses pembuatan konsep dilakukan secara sistematik dan terstruktur. Proses-proses dalam pembuatan produk dengan kebutuhan pasar:

  • Identifikasi kebutuhan pasar
    Identifikasi kebutuhan pasar di lakukan dengan metode kuisioner, observasi, etnografi, sehingga hasil yang diperoleh merupakan hasil kebutuhan dan keinginan pasar.
  • Spesifikasi produk
    Spesifikasi merupakan gambaran dari kebutuhan pasar menjadi kebutuhan secara teknis dengan menggunakan matrik kebutuhan dan menggunakan QFD. Proses dari langkah ini adalah suatu daftar spesifikasi target produk.
  • Desain konsep produk
    Proses dari konsep desain dengan mempertimbangkan, kebutuhan pasar, SHE (safety, health, environment), hak kekayaan intelekual, regulasi, ergonomi dan tren pasar, sehingga mendapatkan sebuah gambaran atau perkiran mengenai teknologi, prinsip kerja, dan bentuk produk.
  • Detil desain produk
    Detail desain merupakan pilihan terbaik berdasarkan dari konsep-konsep desain yang ada kemudian hasilnya merupakan cetak biru dan analisa engineering yang menggunakan Computer aidet desain dan computer aided engineering.
  • Prototype produk
    Prototype merupakan suatu produk yang dikembangkan atau dibuat khusus untuk pengembangan untuk testing fungsi produk dan respon pasar sebelum dibuat dalam skala sebenarnya atau sebelum diproduksi secara massal.
  • Memproduksi produk
    Setelah melalui proses testing fungsi produk dan respon pasar sehingga dapat mengetahui informasi tentang respon pasar untuk produk yang di buat dan dapat melakukan proses produksi sesuai dengan kebutuhan.
  • Memasarkan produk
    Seluruh proses yang dimulai dari awal identifikasi kebutuhan pasar hingga produksi barang dan mendistribusikan, mempromosikan produk secara lebih luas kemasyarakat.

Desain produk merupakan kunci kesuksesan sebuah produk menembus pasar sebagai penawaran tawar-menawar pasar, mendesain sebuah produk berarti membaca sebuah pasar, kemauan mereka, kemampuan mereka, pola pikir mereka serta banyak aspek lain yang akhirnya mesti diterjemahkan dan di aplikasikan dalam perancangan sebuah produk. Krusialnya bentuk tanggung jawab seorang desainer produk dalam perancangan sebuah produk, desainer produk harus memiliki pengetahuan dan riset yang baik sebelum merancang sebuah produk, proses tersebut tidak ayal lagi membutuhkan waktu yang kadang-kadang tidak singkat dalam perancangannya. Ketajaman berpikir dan membaca peluang sangatlah dominan dalam menentukan rating desainer tersebut terbentuk dari pengalaman yang panjang.

 

Aswan Munang, S.T., M.T

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *